Selasa, 03 Juli 2012

Aku Muslim, Sekarang Nanti dan Selamanya


by Dendri Permadi

Remaja sebagai motor penggerak bangsa dan sekaligus menjadi bibit dari bebet masa depan bangsa dan negara hendaknya memiliki jiwa khilafah yang menjadi senjatanya dalam perang di kehidupan global ini. Sosok yang didambakan seperti Rasulullah sudahlah merupakan kewajiban bagi seluruh remaja muslim terpercik dalam jiwanya. Tak sedikit remaja muslim yang malu mengatakan dirinya muslim, atau remaja yang tidak mencerminkan kemuslimannya.
Kehidupan di kota-kota besar sangatlah menjadi faktor utama penggoyah keimanan, ketawakalan dan mental bagi kaum remaja muslim di Indonesia. Memang kata-kata popular seperti trendy, keren, gaul, coll dan sebagainya merupakan momok tersendiri untuk perjuangan remaja muslim dalam menjaga hijab dan laku beradab yang sangat memang bertolak belakang dengan sikap teladan nabi. Seiring berkembangnya jaman remaja masjid tak mau dikalahkan dengan tantangan mereka. Tahun 1977 organisasi pemuda remaja masjid di Indonesia dibentuk yakni BKPRMI (Badan Koordinasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) organisasi-organisasi serupa pun mulai bermunculan seperti halnya JPRMI (Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia) yang berdiri pada tahun 2003. Jalan ini sudah mulai diminati di kalangan remaja muslim Indonesia bahkan remaja muslim dunia. Seperti pada Al-Qur’an difirmankan “Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. At-Taubah, 9:18)
Mereka sepakat dan yakin bahwa masjidlah tempat yang begitu mulia dan bersama memakmurkan masjid ialah sebuah kenikmatan yang tak ternilai dari Allah swt, sebagai fitrah Islam yang sesungguhnya. Selain ladang kebaikan, dalam organisasi remaja masjid pun dapat membentuk muslim yang tangkas dalam bermanajemen dan berorganisasi layaknya perkembangan teknologi modern masa kini. Selain berkepribadian baik, memiliki skill yang hebat dan kecerdasan sebagai masa depan bangsa, diharapkan dengan adanya organisasi remaja masjid membuat kaum muda Islam menjadi percaya diri dan yakin bahwa tidak ada nikmat-Nya yang bisa didustakan, dan dengan bangga menggemakan seruan “Aku muslim, sekarang nanti dan selamanya”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar